Mana yang Benar

0 comments
terlalu dipikirkan memang tidak nyaman..
tapi itu penasaran.. jika tidak ditemukan artinya, setiap hari setiap waktu ketika saya membaca kata tersebut, akan terlintas suatu tanda tanya yang besar ???
oke, kata tersebut adalah
  • kata bangsa dan negara tidak sama dengan negeri. Mengapa kata Bangsa dan negara selalu dikaitkan atau selalu berdampingan ?
  • kata bebas.
Kata negeri tidak sama artinya dengan negara. Negeri berarti 'kota, tanah tempat tinggal, wilayah atau sekumpulan kampung (distrik) di bawah kekuasaan seorang penghulu (seperti di Minangkabau)'. Kata negeri bertalian dengan ilmu bumi. Negara berarti 'persekutuan bangsa dalam suatu daerah yang tentu batas-batasnya dan diurus oleh badan pemerintah yang teratur'. Kata negara berpadanan dengan kata state (Inggris) atau staat (Belanda). Kata negara digunakan jika bertalian dengan sudut pandang politik, pemerintahan, atau ketataprajaan.


sedangkan kata bangsa dan negara. Pengertian bangsa menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah kelompok masyarakat yg bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri: -- India; -- Indonesia; -- Mesir; 2 golongan manusia, binatang, atau tumbuhan yg mempunyai asal-usul dan sifat khas yg sama; 3 macam; jenis: tersedia segala makanan -- kue-kue dan minuman;

sedangkan Pengertian negara menurut KBBI (kamus Besar Bahasa Indonesia)
n 1 organisasi dl suatu wilayah yg mempunyai kekuasaan tertinggi yg sah dan ditaati oleh rakyat; 2 kelompok sosial yg menduduki wilayah atau daerah tertentu yg diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yg efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya: kepentingan -- lebih penting dp kepentingan perseorangan;

Jadi kalau bisa saya simpulkan " kata bangsa merupakan kelompok masyarakat berdasarkan keturunan, jika negara kelompok masyarakat yang telah disyahkan secara de facto dan de juro. selalu berdampingan karena memang sudah suatu keutuhan kata seperti jasmani dan rohani"

coba bandingkan dua kalimat dibawah :
  • Tingginya pemakai narkoba di Sulbar juga diakibatkan karena masih banyak oknum pengedar narkoba yang bebas berkeliaran di wilayah ini.
  • Aksi ganda oksigen aktif dan ultraviolet membuat pakaian bebas bakteri selain bersih harum dan cemerlang
temukan penjelasannya di entri berikutnya ..
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "Mana yang Benar"