MANFAAT CAHAYA MATAHARI

0 comments


Cahaya adalah salah satu sumber energi kreatif paling ampuh, bahkan cahaya matahari yang terang langsung memiliki kaitan biologis dengan tubuh dan pikiran. Inilah beberapa keuntungan dari cahaya matahari terhadap tumbuhan, apalagi manusia :

1. Cahaya merupakan Faktor esensial pertumbuhan dan perkembangan

2. Cahaya memegang peranan penting dalam proses fisiologis tanaman, terutama fotosintesis, respirasi, dan transpirasi

3. Fotosintesis adalah sebagai sumber energi bagi reaksi cahaya, fotolisis air menghasilkan daya asimilasi

4. Cahaya matahari ditangkap daun sebagai foton. Tidak semua radiasi matahari mampu diserap tanaman, cahaya tampak, dg panjang gelombang 400 s/d 700 nm.

5. Cahaya yang diserap daun 1-5% untuk fotosintesis, 75-85% untuk memanaskan daun dan transpirasi.

6. Peranan cahaya dalam respirasi, fotorespirasi, menaikkan suhu.


Dalam the light book, penulis medis Lane Hyman membuktikan bahwa cahaya matahari tidak hanya mengatur irama harian berulang, yang menentukan siklus tidur-bangun tubuh, tetapi juga amt berpengaruh juga pada selera makan, suasana hati, daya sembuh, produktifitas, bahkan hasrat seksual. Bukti kuat adanya kaitan antara cahaya dan tubuh adalah orang-orang yang hidup di daerah paling utara, yang hari-hari musim dinginnya panjang dan sinar matahari sedikit, sering menderita gejala seasonal affectif disorder (SAD), suatu penyakit yang membuat suasana ahti mudah berubah, menyebabkan kelesuan, hilangnya konsentrasi dan kemampuan berpikir, sikap menutup diri serta depresi. Perubahan jumlah sinar matahari yang anda alami selamaberpergian juga menjadi faktor penting dalam jet lag gangguan fisik yang diderita sesudah penerbangan jarak jauh) baru-baru ini penelitian yang di lakukan Rocki Mountain Institute menunjukan bahwa peningkatan sinar matahari menurunkan jumalah kesalahan dan jumlah pekerja yang absen.

Kaitan antara cahaya dan energi lahir dan batin ditimbulkan oleh pengaruh cahaya terhadap kelenjar pineal, penhasil hormon melatonin. Melatonin mempengaruhi kelenjar hipotalamus, yang merupakan pengatur irama siang-malam biologis tubuh. Karena sinar matahari menghambat aliran melatonin, yang mencapai titik tertinggi dalam gelap, para peneliti yakin bahwa melatonin berperan penting dalam mengatur kesiagaan dan kemampuan kerja fisik dan mental sebagaimana unsur kimiawi tubuh lain yang dipengaruhi oleh sinar matahari.

Manfaat Sinar Infra Merah terhadap tubuh kita :
• Mengaktifkan molekul air dalam tubuh.

Tubuh kita terdiri dari 70% air dan 80% dari darah kita juga air. Sinar Infra Merah memiliki getaran yang sama dengan molekul air. Molekul tsb akan pecah, menjadi molekul tunggal yang meningkatkan arus cairan tubuh, sehingga meningkatkan oksigen dalam darah. Dengan mengaktifkan sel, kita dapat memperbaiki vitalitas, memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini.

• Meningkatkan Sirkulasi Mikro

Bergetarnya molekul air dan pengaruh Sinar Infra Merah akan menghasilkan panas yang menyebabkan pembuluh kapiler membesar, dan meningkatkan temperatur kulit, memperbaiki sirkulasi darah dan mengurani tekanan jantung.

Peningkatan fungsi pembuluh darah kapiler sangat penting karena pembuluh darah kapiler mensuplai oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh. Pembuluh darah kapiler juga sangat penting untuk metabolisme dan sirkulasi mikro. Kegagalan sirkulasi mikro dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, tumor, rematik dll.

• Meningkatkan Metabolisme

Bila sirkulasi Mikro meningkat, racun dapat dibuang dari tubuh kita melalui metabolisme. Hal ini juga mengurangi beban Liver dan Ginjal. Racun menyebabkan banyak penyakit, seperti kanker oleh radikal bebas, hipertensi karena ion uranium, asam urat, asam lemak dll.

• Mengembangkan pH dalam tubuh.

Sinar Infra Merah dapat membersihkan darah, memperbaiki tekstur kulit dan mencegah rematik karena asam urat yang tinggi.

Meskipun mustahil mengendalikan jumlah sinar matahari alami yang diterima setiap lingkungan dan musim, anda bisa mempelajari kebutuhan pribadi akan sinar matahari. Contoh jika anda bekerja dalam kantor tanpa jendela atau sering bekerja di bawah tekanan tengat waktu, anda pasti sering merasa tidak produktif dan lesu apabila tidak mendapatkan kesempatan jalan-jalan keluar pada siang hari. Daripada menyalahkan tekanan kerja atau atasan, pikirkan bahwa pada saat itu tubuh meningatkan anda akan perlunya tambahan sinar matahari untuk memompa kreativitas. Jalan-jalan ringan selama 30 menit di bawah sinar matahari pagi atau sore mampu memperbaharui kreativitas dan meningkatkan produktifitas. ini sudah lebih cukup untuk menggantikan waktu yang digunakan untuk santai sejenak tersebut.

If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to "MANFAAT CAHAYA MATAHARI"